Jenis Pembangkit Listrik di Indonesia, Mana Paling Efektif?

Dengan kekayaan dan sumber daya energi yang sangat melimpah, Indonesia harusnya menjadi satu negara tidak perlu khawatir akan kekurangan daya listrik. Namun karena pemanfaatan yang belum maksimal membuat Indonesia sering dilanda pemadaman bergilir. Kamu sering nggak mengalaminya? Jadi sebenarnya apa saja sih sumber tenaga yang telah dijalankan di Indonesia dan menjadi sumber energi terbesar kita? 


Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 

Sumber energi pertama didapat dari memanfaatkan arus cepat yang dihasillkan oleh air. Dengan mengubah energi potensial dan kinetik yang terdapat di dalam air untuk menghasilkan energi listrik sehingga lebih hemat dan ramah lingkungan. 

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 

Energi uap ini didapat dari air yang dipompa dalam pipa bersatu dengan minyak atau batubara yang dibakar dan disemprotkan menjadi satu agar menghasilkan uap. Uap inilah yang nantinya akan berubah menjadi energi listrik. 

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) 

Pembangkit listrik yang satu ini juga memanfaatkan bahan bakar minyak atau batubara. Bedanya, cara pembuatan diawali dengan memasukkan udara ke dalam kompresor melalui filter udara agar debu dan kotoran tersaring. Kemudian tekanan udara dialirkan dan dibakar bersamaan dengan bahan bakar untuk mendapatkan energi listrik. 

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB) 

Walau hampir sama dengan PLTU, namun PLTB ini memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh panas bumi untuk menghasilkan panas dan energi listrik. Pembangkit ini juga tidak memerlukan bahan bakar sehingga lebih hemat. 


Sementara itu, PLTS memanfaatkan energi panas matahari yang sangat berlimpah untuk mendapat aliran listrik. Sinar matahari yang tidak terbatas dan bebas digunakan pun menjadi salah satu keuntungan lain untuk mendapatkan sumber tenaga yang ramah lingkungan.


Dari sekian banyak sumber penghasil tenaga listrik yang ada di Indonesia, PLTA merupakan yang paling banyak karena bisa diterapkan di berbagai daerah. Akan tetapi dari semuanya, PLTS-lah yang bisa dibilang paling efektif dalam penggunaannya. Selain karena memanfaatkan sumber panas matahari yang tidak terbatas, tenaga ini juga bisa dipasang bebas oleh masyarakat. 


Nah kalau kamu ingin mendapatkan dan mengelola energi listrik dengan bebas tanpa terhalang oleh aturan, maka pembangkit listrik surya merupakan solusi yang tepat. Kamu bisa mengunjungi http://sewatama.com/id/ untuk mendapatkan energi panel surya yang diinginkan. Mulai dari kebutuhan besar seperti industri hingga kebutuhan kecil untuk rumah. 


Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)