STOP SEBAR BERITA PALSU : NO MORE HOAX

Fenomena hoax yang terjadi akhir-akhir ini kayanya mulai "mengganggu" dan "mengusik" kedamaian kita baik di dunia nyata maupun di media sosial. Seringkali aku mendapatkan potongan berita atau artikel yang tidak jelas sumbernya dari mana, tiba-tiba masuk di grup Whatsapp, Facebook maupun via direct message Instagram. Terus apakah hoax semacam ini mengganggu? Banget! Belum lagi berita atau artikel tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya, tapi sudah menyebar di seluruh media sosial terpampang nyata. Ada berita yang provokatif, video yang viral, tulisan-tulisan yang memicu pertikaian yang sifatnya menebar kebencian dan sebagainya.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat yang memiliki tanggung jawab secara penuh untuk mengontrol segala informasi yang kita terima dan tidak serta merta menerima secara mentah segala berita atau apapun yang sifatnya provokatif dan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kita yang harus bisa memilah dan memilih mana yang positif dan mana yang negatif, karena sebagaimana mestinya internet dan kemajuan teknologi haruslah menjadi wadah untuk kita berkreasi, mendapatkan ilmu pengetahuan, mengembangkan kemampuan yang kita punya bukan malah sebaliknya. Berita hoax yang kerap kita terima disadari atau tidak, membuat kita berfikiran negatif dan cenderung terprovokasi, menganggap sepenuhnya berita itu benar dan akhirnya merugikan diri kita sendiri.


Bagaimana masyarakat kita bisa maju apabila masih mudah percaya dengan berita hoax? Hoax bisa dibuat oleh seorang individu ataupun sekumpulan orang yang memang memiliki tujuan tidak baik. Tujuannya seperti memecah belah persatuan bangsa, membohongi dan membodohi kita serta banyak hal negatif lainnya dampak dari berita atau informasi yang hoax. Disini peran kita sebagai individu adalah dengan tidak meneruskan berita hoax, video hoax ataupun artikel yang tidak bisa diuji kebenarannya. Apabila kamu mendapatkan pesan yang berisi berita hoax, cukup sampai di kamu. Agar berita palsu tidak tersebar luas dan tidak semakin merugikan banyak pihak.


No more hoax. Kita adalah masyarakat yang cerdas, yang siap dengan perkembangan teknologi dan perubahan besar, baik itu di media sosial maupun bermasyarakat. Kita siap dengan segala tantangannya dan bisa mengatasinya. Kita bukanlah masyarakat yang bodoh, yang mudah di adu domba dan dibohongi dengan berita hoax. Kita siap untuk berkontribusi positif dengan segala kemajuan dan perkembangan zaman, siap memberantas hoax dan melaporkannya kepada pihak berwajib apabila kita merasa itu adalah ancaman. Siapapun yang menyebarkan berita, pesan, video maupun informasi apapun yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya adalah perbuatan yang salah.


Yuk kita berubah untuk jadi lebih baik, untuk jadi masyarakat yang selalu berfikir dan bertindak penuh tanggung jawab. Agar tidak adalagi hoax yang beredar dan merugikan kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Negara yang aman, damai, sentosa, adil dan makmur adalah impian kita semua, harga yang sangat mahal jika hancur hanya karena sebuah berita atau informasi hoax. Mari kita ciptakan suasana yang teduh, selalu mengecek segala informasi yang kita terima dari internet dan dari manapun agar kita tidak mudah terpengaruh oleh oknum-oknum yang dengan sengaja ingin menghancurkan generasi bangsa melalui pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial. Melalui internet kita dapat mengakses segala informasi dari segala penjuru dunia, maka kita sendiri yang memiliki kewajiban untuk mem-filter segala informasi yang kita dapatkan melalui internet. Bijak dalam bersikap, sebagai masyarakat yang mendukung kemajuan teknologi dan dalam menggunakan internet di media sosial.

      


Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)