Butuh Refreshing? Liburan Ke Solo Yuk!

Walaupun di bulan Agustus ini tanggal merah selalu jatuh di hari Sabtu atau Minggu, jangan patah semangat buat kamu yang memang sudah merencanakan untuk liburan. Apalagi buat kamu yang sedang penat atau bosan dengan suasana kantor, mulai kurang mendapatkan inspirasi atau ide-ide baru, well it's time to refreshing your mind. Sama hal-nya dengan yang aku rasakan, mulai terasa stuck dan kurang bersemangat bisa jadi karena efek kurang liburan. Jadi, sudah tentukan destinasi wisata kemana nih kalian? 


Seperti judulnya, aku ingin merencanakan liburan ke kota yang masih berada di Pulau Jawa yaitu Solo. Sejujurnya aku sama sekali belum pernah kesana, makanya aku sangat bersemangat dan mulai browsing tentang tempat-tempat wisata yang berada di Solo. Seperti biasa, untuk liburan atau travelling aku selalu menyesuaikan dengan kondisi keuangan, harus sesuai budget pastinya. Nah yang menarik adalah destinasi wisata yang aku tuju ini termasuk salah satu kota wisata dengan biaya hidup paling murah. Jadi nggak heran kalau biaya yang dikeluarkan pun masih terjangkau dan tidak menguras biaya yang banyak, apalagi di Solo juga menawarkan wisata-wisata yang bermacam-macam diantaranya wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan banyak lainnya.

Aku mau share nih beberapa tujuan wisata di Solo mulai dari wisata sejarah, budaya, alam sampai kuliner yang masuk ke dalam top list aku adalah Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, Taman Sriwedari, Kampung Batik Kauman, Ngarsopuro Night Market dan yang terakhir Grojogan Sewu Tawangmangu

Keraton Surakarta

sumber : http://pariwisatasolo.surakarta.go.id

Keraton Surakarta ini lokasinya di pusat kota Solo, yang merupakan tempat wisata sejarah dan budaya yang wajib untuk dikunjungi. Keraton ini mulai dibangun pada tahun 1743 dan diresmikan pada tahun 1745. Disini juga ada museum dimana kita bisa melihat beberapa peninggalan keraton seperti alat musik tradisional gamelan, replika pusaka, dan pernak-pernik yang menjadi saksi sejarah yang juga turut dipamerkan. Oh iya saat berkunjung kesini para wisatawan diharapkan memakai pakaian yang sopan demi menjaga adat dan budaya kesopanan.

Benteng Vastenburg

sumber : surakarta.go.id

Berlibur ke Solo kurang lengkap kalau tidak mengunjungi Landmark Kota Solo ini, Benteng Vastenburg. Lokasinya berada di pusat kota, bangunan ini adalah benteng yang memiliki arsitektur kolonial yang dibangun oleh Gubernur Jendral Baron Van Imhoff pada tahun 1745 sebagai benteng pertahanan Belanda di Jawa Tengah. Benteng Vastenburg ini pula mengingatkan kita bahwa jangan pernah lupakan sejarah, salah satu bangunan peninggalan penjajahan kala itu. By the way, buat spot foto-foto vintage juga oke disini. Ayo hunting foto-foto keren dan siapkan kameramu!

Taman Sriwedari

sumber : indonesiakaya.com

Taman Sriwedari atau yang dikenal dengan taman hiburan rakyat ini dekat dengan pusat batik Laweyan dan Stasiun Purwosari. Dari namanya sendiri yang artinya Taman di Surga merupakan taman yang dibangun pada pemerintahan Sultan Paku Buwono X dan setiap malamnya disini diadakan pentas wayang orang. Sejujurnya aku belum pernah menonton pentas wayang orang, jadi ini akan jadi kali pertama dan aku nggak sabar deh. Selain kental dengan seni dan budaya, disini juga tersedia wahana permainan yang bisa untuk anak-anak maupun orang dewasa, paket komplit kan? 

Kampung Batik Kauman

sumber : pariwisatasolo.surakarta.go.id

Liburan ke Solo nggak afdol rasanya kalau nggak ngomongin batik. Kamu pasti sudah sering mendengar Batik Solo atau bahkan batik ini merupakan pakaian favorit kamu? Nah berarti wajib nih ke Kampung Batik Kauman. Aku termasuk orang yang jarang pakai batik sebenarnya, tapi aku sangat mengapresiasi batik karena menurutku Batik adalah warisan asli Indonesia. Aku penasaran ingin melihat langsung bagaimana sih proses pembuatannya dan lain-lain. Di Kampung Wisata Batik Kauman ini ada lebih dari 30 industri batik jadi kita memiliki banyak pilihan buat belanja batik Solo di tempat ini. Disini pengunjung dan penjual batik juga bisa berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah industri batik, melihat proses produksi batik serta belajar membatik. Seru banget kan? Fyi, Kampung Batik Kauman ini menjadi pusat batik tertua di Kota Solo loh. Oh ya lokasinya juga tidak jauh dari jalan utama Slamet Riyadi dan Jalan Rajiman. Kamu bisa naik bus Batik Solo Trans (BST) dari Stasiun Balapan untuk menuju Kampung Batik Kauman.

Ngarsopuro Night Market

sumber : pariwisatasolo.surakarta.go.id

Jalan-jalan ke suatu tempat pasti salah satu yang paling diminati wisatawan adalah wisata kulinernya, iya kan? Nah Ngarsopuro Night Market ini masuk ke dalam top list aku karena aku penasaran ingin mencoba kuliner dan jajanan di malam hari di Solo. Jadi pasar malam ini hanya ada di akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu yang letaknya di Jalan Diponegoro. Nggak cuma kulineran, disini juga bisa belanja oleh-oleh seperti souvenir, barang kerajinan, batik dan lain-lain. Hitung-hitung malam mingguan sambil berburu jajanan khas Solo dan memborong oleh-oleh buat orang rumah, kamu wajib mampir ke Ngarsopuro Night Market.

Grojogan Sewu Tawangmangu

sumber : blog.reservasi.com

Grojogan Sewu masuk dalam itinerary aku karena saat aku browsing tentang wisata alam di Solo yang paling populer adalah air terjun ini. Untuk ke Grojogan Sewu lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Solo -/+ 37 kilometer dan untuk kesana para wisatawan harus menaiki 1000 anak tangga. Tapi melihat foto-foto yang ada di internet sepertinya air terjun ini sayang sekali kalau dilewatkan. Sekedar info, pengunjung yang ingin kesini dilarang membawa pasangan kalau nggak mau hubungannya berakhir atau putus. Kamu percaya nggak?

Well, selain daftar beberapa tempat wisata diatas tentunya masih banyak tempat-tempat yang menarik dan wajib dikunjungi lainnya apabila kamu ke Solo. Yang pasti siapkan tiket, itinerary, akomodasi dan penginapan serta uang yang cukup supaya tidak ada kendala saat liburan.

Pilihan untuk travelling kali ini pun ada beberapa opsi, menggunakan pesawat, kereta api dan bus. Melihat harga tiket pesawat dari Jakarta ke Solo yang menurutku masih mahal dan tidak sesuai budget, aku sepertinya lebih suka dengan ide bepergian menggunakan alternatif lainnya yaitu kereta api dan bus. Untuk harga tiket perjalanan ke Solo pun relatif terjangkau, kamu bisa memesan tiket kereta api dan bus melalui Traveloka untuk mendapatkan harga yang murah, cepat dan pemesanan yang mudah. 

Nah kamu juga bisa mengecek jadwal travel Jakarta Solo Traveloka untuk melihat jadwal dan membandingkan harga masing-masing tiket bus travel dari Jakarta ke Solo untuk kamu yang memilih menggunakan transportasi umum melalui jalur darat. Kamu bisa memilih jenis bus dengan berbagai pelayanan yang diberikan yang sesuai dengan budget liburan-mu, so tunggu apalagi? Segera pesan tiketnya dan mari bersantai sejenak dari hiruk-pikuk ibukota :)




Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)