PINTAR DALAM MEMILIH MAKANAN : KOLESTEROL JAHAT DAN BAIK

Bagi Anda yang gemar mencicipi segala jenis makanan, ada baiknya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi apakah mengandung kolesterol jahat dan baik. Tentunya kita tidak menginginkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh makanan dengan kolesterol tinggi.  Untuk itu kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis makanan yang rendah serta tinggi kolesterol. Sudah waktunya untuk kita menerapkan pola hidup yang lebih sehat terutama dalam hal makanan, seperti adagium yang berbahasa latin Mensana In Corpore Sano yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dimulai dari memilih jenis-jenis makanan, menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan olahraga secara teratur.


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai makanan yang mengandung kolesterol jahat dan baik, kita harus memahami apa itu kolesterol dan mengapa kolesterol sendiri memiliki dua jenis yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh dan memiliki manfaat positif jika kadarnya normal. Yang menjadi masalah adalah apabila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, hal inilah yang berbahaya karena kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius seperti jantung atau stroke. Maka dari itu kita harus pintar memilih makanan, kolesterol jahat dan baik dapat dilihat dari jenis makanannya. Makanan yang mengandung kolesterol jahat yang bisa Anda hindari seperti makanan yang digoreng dengan minyak, akan lebih baik untuk memilih makanan tanpa digoreng dan beralih ke makanan yang direbus atau dikukus.

Memilih makanan yang mengandung kolesterol baik sangat penting untuk mencegah resiko berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat. Kolesterol memang dapat memberi energi pada sel dalam tubuh agar dapat berfungsi lebih baik tetapi yang harus  diingat, terlalu banyak asupan lemak akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Dengan demikian kolesterol pun terbagi menjadi dua yaitu kolesterol jahat dan baik. Untuk itu diperlukan kolesterol baik sebagai penyaring dalam tubuh yang dapat mengurangi kolesterol jahat. 


Berbagai jenis makanan yang memiliki kolesterol baik yaitu putih telur, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti Salmon, Makarel, Tuna dan Sarden. Selain itu juga Anda bisa mengkonsumsi gandum utuh, tanaman biji dan polong, kedelai, buah alpukat dan lain-lain. Apabila Anda ingin menggoreng suatu masakan bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik karena mengandung lemak sehat. Tidak hanya enak, makanan dengan kolesterol yang baik juga berbagai macam pilihan. Peran dari kolesterol baik ini memang menjaga kadar kolesterol agar tetap normal sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diharapkan. Sedangkan makanan dengan kolesterol jahat antara lain yang sudah Saya sebutkan yaitu makanan yang digoreng menggunakan minyak atau margarin, makanan cepat saji, kue-kue manis, ice cream, daging merah, daging ayam, ikan, kerang, makanan olahan seperti sosis, produk olahan susu, kuning telur dan lain-lain.

Sebagai masyarakat yang hidup di kota besar, Saya sendiri tidak menampik bagaimana banyaknya restoran siap saji yang tersebar di setiap tempat. Apabila kita perhatikan, restoran siap saji selalu memiliki daya tarik tersendiri. Rasa makanan yang enak, makanannya pun cepat disajikan sehingga kita sebagai pembeli tidak perlu menunggu lama. Namun apakah Anda tahu bahwa makanan siap saji adalah makanan yang paling tidak sehat? Penyedap rasa, bahan pengawet makanan dan kolesterol jahat yang ada dalam masakan tersebut dapat memicu berbagai penyakit yang tentunya Anda atau Saya sama sekali tidak menginginkannya.

Kesehatan tubuh memang sangat dipengaruhi dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tanpa kita sadari, kita kurang memperhatikan faktor yang sebenarnya paling penting, menjaga asupan makanan. Di usia muda seringkali kita bersikap acuh tak acuh terhadap kondisi kesehatan dan lebih sering mengkonsumsi makanan siap saji dibandingkan makanan sehat yang bebas dari kolesterol jahat. Padahal di usia muda inilah kita harusnya sudah mulai memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi, apakah baik untuk tubuh kita atau sebaliknya. Karena penyakit tidak mengenal usia, baik muda maupun tua. Semakin lama kolesterol akan menumpuk dan bisa berbahaya bagi kesehatan, sudah saatnya untuk bersikap lebih perduli terhadap kesehatan diri kita sendiri.

Jadi sudah bisa memilih makanan mana yang sebaiknya dimakan dan dihindari bukan? Saya sendiri mencoba membuat tabel secara manual dan memasukkan berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol jahat dan baik ke dalam tabel yang berbeda. Tentunya Anda juga bisa melakukannya, lebih baik menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi daripada mengobati di kemudian hari. Berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, diabetes melitus tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah perifer seringkali menyerang orang yang memiliki kolesterol tinggi. Orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk melakukan perubahan pola makan supaya kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat kembali normal dan mengurangi berbagai resiko penyakit yang telah Saya sebutkan diatas.


Seperti yang kita ketahui, melindungi diri dari makanan yang tidak sehat hanya akan membantu Anda untuk memperkecil resiko namun tidak bisa menghilangkan resiko kesehatan yang bisa saja terjadi. Apalagi biaya yang tidak sedikit untuk pengobatan penyakit-penyakit kritis tentunya bisa mengganggu finansial Anda dan keluarga. Maka dari itu Anda bisa mendapatkan perlindungan melalui produk asuransi yang terpercaya. Khususnya untuk resiko penyakit kritis, hanya Cigna yang bisa memberikan jawaban atas kebutuhan asuransi kesehatan Anda. Mengapa Asuransi Cigna? Karena dengan Asuransi Cigna Anda akan mendapatkan proteksi diri berupa produk asuransi yang tepat sehingga bisa  melindungi Anda saat resiko atau gangguan kesehatan menyerang.

Untuk resiko serangan jantung, Anda bisa memilih Cigna For Your Serenity untuk perlindungan diri sendiri atau Cigna Family Proteksi Ultima untuk keluarga Anda. Dengan adanya kedua asuransi tersebut maka perlindungan yang didapatkan akan lebih optimal. Seperti produk asuransi Cigna For Your Serenity misalnya, produk asuransi ini tidak hanya menanggung biaya pengobatan kanker namun juga penyakit seperti stroke hingga gagal ginjal. Cigna For Your Serenity juga menberikan uang pertanggungan santunan penyakit kritis hingga Rp.400.000.000 sedangkan Cigna Family Proteksi Ultima menawarkan uang pertanggungan penyakit kritis hingga Rp.1.000.000.000. Keperluan finansial Anda akan terbantu dengan adanya polis asuransi tersebut. Cigna Family Proteksi Ultima memberikan perlindungan terhadap 10 penyakit kritis dengan diskon premi 50% bagi anggota keluarga. Dengan adanya perlindungan dari Asuransi Cigna maka Anda dan keluarga akan lebih siap  terutama dalam menghadapi berbagai resiko kesehatan serta keperluan finansial akan penyakit kritis yang bisa datang kapan saja. 

Tanpa adanya asuransi yang memberikan perlindungan untuk resiko kesehatan, tentunya dapat mengganggu finansial Anda apalagi seperti yang sudah kita ketahui biaya pengobatan penyakit kritis seperti kanker sangat mahal dan memerlukan biaya yang begitu besar. Asuransi Cigna menjawab semua itu dengan menawarkan berbagai pilihan produk asuransi terbaik dan terpercaya untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga. Kesehatan Anda dan keluarga adalah prioritas utama yang harus diperhatikan. Mulailah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, memilih asupan makanan yang bergizi dan seimbang, berolahraga secara teratur serta mendapatkan produk asuransi yang terpercaya agar lebih siap menghadapi berbagai resiko penyakit kritis yaitu Cigna For Your Serenity untuk diri sendiri atau Cigna Family Proteksi Ultima untuk keluarga Anda.






Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)