Apa itu Netflix?

Ditengah pandemic Covid-19 masyarakat dihimbau oleh pemerintah agar melakukan segala aktivitas di rumah. Guna mengurangi rasa bosan tersebut, menonton film menjadi menjadi salah satu pilihan yang tepat. Di era seperti ini banyak situs streaming film yang menyediakan film dari berbagai belahan dunia yang dapat diakses. Tapi banyak juga yang diblokir karena melanggar ketentuan.

Pada artikel ini kami akan membahas salah satu situs streaming film yang dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk anda menghabiskan waktu di rumah selama menjalani aktivitas di rumah. 

Ok langsung saja kita bahas salah satu situs tersebut. Yups…apa lagi kalau bukan Netflix. 

Selama pandemic Covid-19 dari beberapa data yang kami himpun membuktikan bahwa situs streaming film mengalami peningkatan. Salah satunya adalah perusahaan Netflix

Neflix melaporkan bahwa, selama pandemic Covid-19 terjadi peningkatan yang drastis. Kini jumlah penggunanya adalah 15, 8 juta selama kuartal pertama 2020.
Mengenal Netflix

Rasanya tidak afdol jika kita hanya menggunakannya tanpa mengerti apa yang sebenarnya kita gunakan. Seperti kata pepatah lama yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Jadi, yuk kita mengenalnya lebih dekat, apa itu Netflix

Netflix adalah layanan streaming film yang menggunakan sistem berlangganan. Layanan ini menjadi menarik sebagai solusi untuk membeli dan menyewa film asli, menonton film dan serial terjadwal di stasiun televisi lokal maupun internasional. 

Jika dulu pada tahun 2000-an awal kita harus menyewa atau membeli film dalam bentuk Video Compact Disc (VCD) kini kita tidak lagi perlu repot-repot untuk menyewa film di tempat-tempat persewaan. Dan tentu saja dengan menggunakan Netflix kita sudah sama dengan menonton di Bioskop atau membeli VCD film asli. Karena Netflix merupakan situs streaming film yang legal. 

Nah setelah mengetahui apa itu Netflix, selanjutnya mari kita bahas lebih dalam Netflix untuk lebih mengenalnya. 


Pertama, seperti yang telah kami bahas di atas bahwa Netflix adalah situs streaming film berbayar. Maka sudah jelas bahwa ketika kita ingin menikmati film dan serial drama di Netflix, kita harus merogoh uang untuk dapat berlangganan setiap bulan. Ada beberapa paket yang ditawarkan Netflix. Pertama adalah paket ponsel yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 50.000 per bulan. Paket ini merupakan paket yang paling murah. 

Selanjutnya Netflix mempunyai paket lain seperti Paket Dasar yang dibandrol dengan harga Rp. 109.000 per bulan, Paket Standard dengan harga Rp. 139.000 per bulan, dan paket Premiun yang dibandrol dengan harga Rp. 169.000 per 30 hari. 

Tentu saja dengan harga yang berbeda-beda, layanan yang diperoleh pelangganpun juga berbeda-beda. Seperti contoh, biaya paket Ponsel yang terjangkau tentu saja mendapatkan fitur-fitur yang terbatas. Pada Paket Ponsel layanan Netflix hanya dapat digunakan di smartphone dan tablet, selain itu pada layanan ini tidak disediakan mode HD dan Ultra HD. Paket ini hanya dapat digunakan untuk dipakai oleh 1 pengguna dengan 1 layar. Namun, di luar keterbatasan tersebut, pelanggan tetap dapat menonton film tanpa batas. Perbedaan palig mendasar dari masing-masing paket yang ditawarkan Netflix adalah segi kualitas resolusi video yang ditayangkan dan jumlah perangkat yang dapat ditonton secara bersamaan. Tetapi, setiap paket menawarkan promo gratis untuk pengguna baru di bulan pertama. 

Baca juga : cara membuat blog profesional di sini

Netflix Indonesia

Netflix sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Pada awal kemunculannya Netflix telah disambut antusias oleh para pecinta film dan acara televise mancanegara. Netflix berbeda dengan TV berbayar, karena pelanggan Netflix dapat menikmati acara televisi dan film kapanpun dan dimanapun dengan berbagai perangkat, seperti, smartphone, tablet, Laptop, dan PC. Jadi tidak seperti TV berbayar yang hanya bisa di tonton melalui Televisi, dengan menggunakan Netflix pelanggan dapat menonton film dengan beragai perangkat. 

Ada yang perlu diperhatikan jika ingin berlangganan dengan Netflix. Syarat utama sebelum menggunakan Netflix, calon pelanggan harus yakin bahwa device yang mereka gunakan tersambung dengan internet. Agar proses streaming berjalan lancar diperlukan sambungan internet yang lancar. 

Berikut standard kecepatan yang diperlukan untuk streaming menggunakan Netflix


-    0,5 MB/second – broadband connection speed yang dibutuhkan

-    1,5 MB/second – broadband connection speed yang direkomendasikan

-    3,0 MB/second – direkomendasikan untuk kualitas video SD

-    5,0 MB/second – direkomendasikan untuk kualitas video HD

-    25 MB/second – direkomendasikan untuk kualiya video ultra HD

Jadi ada baiknya jika ingin berlangganan Netflix, calon pelanggan juga memperhitungkan koneksi internet yang dimiliki. Misalkan jika di rumah anda tersambung koneksi internet dengan kecepatan 10 MB/second ada baiknya jika anda memutar Netflix dengan menggunakan kualitas HD, agar streaming berjalan lancar. 

Kesimpulan

Apa anda sudah memahami apa itu Netflix? Atau justru ingin langsung berlangganan untuk mengusir rasa bosan di rumah? Tidak ada salahnya untuk berlangganan karena tersedia konten-konten yang bermanfaat. Apalagi bagi anda yang ingin berlatih bahasa inggris aktif wajib banget berlangganan. Selamat mencoba. 

Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)