Kenali Maskne, Jerawat Akibat Memakai Masker


Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat-sehat selalu ya! Di masa pandemi ini, kita harus selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin dan juga memakai masker. 

Memakai masker setiap hari, apalagi dengan masker 3 lapis yang direkomendasikan untuk mencegah penularan virus memang sering kali membuat gerah, ditambah lagi di Indonesia merupakan negara tropis yang cukup panas. Buat kamu yang punya kulit cukup sensitif dan menggunakan masker setiap hari, pasti kamu menyadari adanya jerawat yang muncul di area yang tertutup masker. 

Jenis jerawat masker ini dikenal dengan nama maskne, alias mask acne. Jerawat disebabkan karena gesekan masker dengan kulit, atau acne mechanica yang biasanya muncul di dagu, hidung, atau pipi bawah. Untuk kamu yang baru menyadari kalau kamu juga mengalami maskne, tenang saja karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah maskne ini.


Gunakan Facial Cleanser Secara Rutin

Membersihkan wajah memang jadi rutinitas harian kita, begitu juga untuk treatment maskne. Sebelum dan setelah seharian menggunakan masker, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan facial cleanser/facial wash yang bersifat non-stripping untuk memastikan kulit kamu bersih.

Sabun cuci muka non-stripping ini adalah sabun yang bisa membantu membersihkan wajah menyeluruh tanpa menimbulkan kesan wajah tertarik. Selain itu, kamu juga bisa memilih facial wash yang mengandung Salicylic Acid untuk membersihkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat. 

Jangan Lupakan Soothing Toner

Soothing toner adalah salah satu jenis toner yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat minyak dan kotoran. Jadi, dengan menggunakan soothing toner setelah mencuci muka, kulit kamu akan terjaga kelembapannya dan lebih menenangkan kulit kita. 

Beberapa kandungan dalam soothing toner di antaranya juga bisa menghidrasi kulit serta juga bisa meredakan inflamasi (kemerahan). Tentunya pemakaian soothing toner ini harus diikuti dengan penggunaan moisturizer yang sesuai dengan kulit wajah kita untuk hasil yang lebih maksimal.

Pakai Sunscreen Setiap Hari

Memakai sunscreen bukan hanya untuk meredakan maskne, tetapi harus masuk dalam rangkaian skincare rutin atau perawatan wajah harian kamu. Penggunaan sunscreen minimal 15 menit sebelum kamu ke luar rumah, bahkan jika kamu di dalam rumah saja tetapi cahaya matahari tetap bisa masuk ke ruangan, kamu tetap harus memakai sunscreen. Kamu bisa memilih sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit dan juga wajah kusam akibat sinar matahari. 

Untuk kulit berjerawat, kamu bisa memilih sunscreen dengan tekstur cair/gel yang tidak terlalu thick sehingga tidak lengket saat dipakai. Beberapa brand sunscreen juga mengeluarkan produk yang cepat diserap pada kulit wajah dan diperkaya dengan vitamin untuk menutrisi kulit wajah. 

Moisturizer Jadi Skincare Wajib Setiap Hari

2 produk skincare basic yang harus digunakan untuk menjaga kulit kita adalah cleanser dan moisturizer. Moisturizer alias pelembap wajah ini bukan hanya berfungsi untuk melembapkan kulit wajah dan juga menghidrasi. Moisturizer bermanfaat untuk menenangkan kulit wajah kita yang bersinggungan dengan masker seharian. Dengan moisturizer, kita bisa terhindar dari iritasi wajah akibat gesekan masker tersebut. Untuk memilih moisturizer yang tepat, kamu bisa cek kandungan bahan yang ringan dan nyaman. 


Gunakan Masker Katun atau Masker Sekali Pakai

Saat memilih masker, kamu bisa memilih masker kain atau masker sekali pakai. Tipsnya, untuk masker kain pilihlah yang berbahan katun lembut, dengan tepian yang halus sehingga tidak membuat gesekan kasar di kulit. Masker kain juga harus dicuci setiap hari atau setelah digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa sel kulit mati, bakteri, dan juga kotoran. 

Sementara untuk masker sekali pakai, kamu juga harus memperhatikan layers dari masker tersebut. Pilih juga bahan masker yang halus dengan ukuran yang pas sehingga tidak membuat kulit wajah iritasi.

Kurangi Penggunaan Makeup Tebal

Makeup memang bisa membantu boosting up level confidence atau percaya diri kita. Namun, jika kulit kamu sensitif dan harus memakai masker seharian, kamu harus mengurangi penggunaan makeup kamu ya. Sebabnya, makeup ini bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Kalau kamu tetap ingin menggunakan makeup, kamu bisa memakai makeup ringan dan langsung bersihkan setelah selesai beraktivitas.

Kalau kamu ternyata sedang mengalami maskne, kamu harus ekstra hati-hati untuk mengatasi maskne ini. Kamu bisa gunakan benzoyl peroxide di jerawat kamu ini. Produk benzoyl peroxide ini banyak dijual di apotek dengan konsentrasi mulai dari 2.5 atau 5%, jangan gunakan yang 10% ya.

Sudah mencoba berbagai cara di atas tetapi tetap berjerawat? Kamu bisa konsultasikan kondisi kulit kamu ke dokter kulit supaya tidak semakin parah. Cek juga pola makan dan istirahat kamu untuk menghindari jerawat akibat stres dan makanan ya!



Share:

0 comment

Thank you for your comment! :)